07 November 2012

Honda CB 150 R StreetFire Vs Yamaha New Vixion Lightning

Kali ini di atas roda akan mengelus..eh mengulas salah satu fitur yang berbeda dari Honda CB 150 R StreetFire dan Yamaha New Vixion Lightning yaitu kick starter. Ya, meski sama - sama bermesin injeksi, kedua motor memiliki perbedaan pada fitur yang satu ini. Honda CB150R Street Fire masih dilengkapi dengan kick starter (starter kaki/engkol) sedangkan Yamaha new vixion lightning tidak dilengkapi dengan kick starter.

Kick starter (starter kaki) bagi banyak selama ini memang selalu hadir pada setiap kendaraan bermotor di Indonesia. Meski mungkin banyak pengguna sepeda motor sangat jarang menggunakannya. Rata - rata mungkin hanya menggunakan kick starter jika mesin sudah susah dihidupkan dengan starter tangan (electric starter), atau jika aki sudah soak, bahkan mati/ ga ada akinya. 

Kebiasaan ini rasanya tidak terlepas dari faktor ekonomi masyarakat pengguna sepeda motor di Indonesia, khususnya di segment entry level. Aki sudah soak tapi mau ganti belum ada duit. Jadinya asalkan masih jalan it's ok, ga apa - apa, tancap bro! 

Hal yang sama mungkin juga masih ada pada pengguna sepeda motor di mid level dimana cb 150 r streetfire dan yamaha new vixion lightning berada, meski tentunya ga separah di entry level. Dan pada konsumen ini fasilitas kick starter menjadi penting setidaknya dalam jangka pendek jika aki soak dan belum bisa beli aki. (Kalo kantongnya lebih tebel pastinya bakalan milih beli ninin ato CBR).  Mereka ini dijamin bakal susah juga jika ga ada kick starternya. Ya kalau ada yang disuruh dorong, soale didorong sendiri juga pasti susah apalagi jika ukuran badan tidak mendukung.. 

Tapi bukannya jika pake elektrik starter ga bisa hidup, motor injeksi ga bakalan hidup meski pake kick startter soale ECUnya juga mati...?
 Kalo aki udah mati, tegangan udah habis sih iya, tapi kalo masih soak doang, tegangan turun dikit sih rasanya masih bisa idup tuh motor.
 
Yamaha sendiri percaya diri melepaskan fitur kick starter pada new vixion lighning berdasarkan kepada hasil survey yang telah mereka lakukan terhadap pengguna sepeda motor yamaha vixion yang menunjukkan bahwa kick starter sangat jarang digunakan. Apalagi  aki pada new yamaha vixion lightning dijamin lebih awet dan ada indikator jika aki mesti segera diganti pada dashboard. Jadi kalo indikator udah nunjukin bahwa aki mesti diganti, ya kudu diganti, artine mesti selalu siap duite. Bisa beli motor kok ga bisa beli aki?
Dan ini emang berlaku di semua motor modern, di kelas premium macam ninja ato cbr semua emang ga ada kick starternya, dan pengguna motor ini emang kalangan yang lebih mapan. Kelase beda. Yamaha mungkin juga hendak memposisikan New Vixion Lightning kesana, setidaknya image motor premiumnya ada gitu..

Jadi semua akan kembali berpulang pada konsumen sepeda motor di Indonesia, dan kita lihat aja yang mana nanti yang akan lebih laku. Atau apakah nanti Honda mengikuti jejak Yamaha dengan melepas kick starter pada CB 150 R, atau Yamaha yang akan kembali memasangkan kick starter di New vixion nya?

4 komentar:

  1. cs1 keturunan sonic 125 aja nendang, apalagi cb150r keturunan cbr150r. Tapi kalo ridernya keburu2 ganti persneling pasti lemot soalnya powernya baru nendang di 10.000rpm

    BalasHapus
  2. Kick starter Yamaha Vixion juga udah ada tuh... :)
    http://blogmotoroda.blogspot.com/2013/01/2013-yamaha-bangkit-atau-justru-semakin-tenggelam.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awalnya, hingga saat artikel ini dibuat (November 2012) nvl belum ada kick starternya. Kick starter emang akhirnya ditambahkan pada nvl,baca artikelnya di sini . Mirip kasus Suzuki Thunder 125

      Hapus
  3. yamaha unggul desain bodi, honda menang di sektor mesin, gw pilih 22 nya z

    BalasHapus