05 November 2012

The All New Honda GL 150 FI, Byson killer?

Persaingan segmen motor sport kelas 150 cc sepertinya akan semakin memanas. Kalo dari pengamatan di atas roda sih, pada segmen ini Honda sepertinya akan membuat segmentasi produk buat konsumen sepeda motor di Indonesia. Setidaknya ada tiga segmen konsumen yang akan dibidik: di kelas premium Honda telah menghadirkan CBR 150, di papan tengah, baru saja diperkenalkan oleh Honda yaitu CB 150 R Street Fire, dan terakhir di entry level honda kayaknya bakal mengeluarkan lagi produk baru yang selama ini sering disebut dengan kode K 18.

Segmentasi produk ini sepertinya cukup jitu sebab menurut pengamatan di atas roda konsumen sepeda motor sport di kelas 150 ccc ini sepertinya emang tidak jauh dari itu. Konsumen yang banyak justru berada di middle dan entry level. Konsumen yang mencari atau lebih mementingkan teknologi (midle), dan konsumen yang tidak terlalu  mementingkan teknologi tapi harga yang terjangkau dan design atau tampang yang ok/moge like (entry level). Hal ini sudah ditangkap lebih dulu oleh Yamaha yang sukses dengan Vixion dan Bysonnya.  

Penguasaan pangsa pasar sepeda motor kelas ini oleh Yamaha vixion juga tidak terlepas dari keterlambatan Honda, sehingga selama ini vixion melaju tanpa lawan. Meski Yamaha byson juga sukses di entry level tapi tetap saja masih berbagi pasar dengan Honda New Mega Pro. Maklum aja Honda sedang konsentrasi penuh mengamankan pasar kelas bebek dan skutik yang notabene merupakan pasar terbesar di Indonesia. Setelah pangsa pasar kelas bebek dan skutik aman di genggaman barulah honda mulai membidik pasar motor sport.

Ke depan pertarungan kelas sepeda motor sport 150 cc ini akan semakin memanas, meskipun masih terfokus pada dua merek Yamaha dan Honda saja. Honda CB 150 R Street Fire telah diperkenalkan dan akan head to head dengan Yamaha New Vixion Lightning, prediksi di atas roda sih, asal harga ga beda jauh dan kualitas ga asal, CB 150 R Street Fire bakal bisa mengungguli New Yamaha Vixion Lightning. 
Honda CB 150 R Street Fire
Honda CB 150 R Street Fire

Setelah ini Honda kemungkinan akan segera mengeluarkan sepeda motor sport entry level untuk kelas 150 cc yang akan dibuat head to head juga dengan Yamaha Byson. Selama ini sepeda motor sport ini banyak disebut sebagai K - 18. Design kemungkinan mirip - mirip dengan Byson (seperti halnya dengan CB 150 R yang mirip old vixion). Dan basis mesin meski belum jelas prediksi di atas roda sih bakalan menggunakan model GL series. Dan mengingat komitmen Honda yang akan total menggunakan sistem injeksi sepeda motor ini juga bakal mengusung sistem injeksi. The All new Honda GL 150 FI? sepertinya cukup masuk akal. Dan mengingat Yamaha memakai nama Byson, mungkinkah Honda juga bakal memakai nama yang mirip - mirip juga (Kebo, Kuda atau Gajah? he..he).

Lalu akan dikemanakan New Mega Pro dan Tiger.....? Nantilah dibahas lagi. Tapi sekali lagi ini cuman prediksi ngawur, so...jangan terlalu serius!

2 komentar:

  1. Kalo di liat sih lebih modis honda, keren di liatnya

    mampir juga ke blog ane min, mungkin ada yang mau cetak kaos, sweater, jaket hehehe mampir aja ke blog ane http://www.sablonmurahjakarta.co.vu/

    BalasHapus
  2. K18 itu ternyta Verza Indiaaaa..bener2 sport entry level dwehhhh. ga ada gengsinya. ternyata jg smapai skrg pun CB gak bsa mengungguli NVL, malah penjualannya semakin ambles meski jg dah dikroyok sm NMP.belum lg kalo R 15 mendarat? habis tuh sport honda.balikin aja ke thailand sm india sono...

    BalasHapus