18 September 2012

Sistem Injeksi Bahan Bakar Sepeda Motor

Dewasa ini penggunaan sistem injeksi bahan bakar pada sepeda motor telah sangat banyak diterapkan. Honda sebagai penguasa pasar sepeda motor Indonesia telah mulai menerapkan sistem injeksi bahan bakar sejak tahun 2005 lewat sepeda motor bebek injeksi supra x 125 PGMFI. Yamaha mengikuti jejak Honda dengan menerapkan sistem injeksi pada sepeda motor Vixion pada tahun 2007. Terakhir Suzuki juga mengenalkan sistem injeksi pada sepeda motor Suzuki Shogun.

Sistem injeksi bahan bakar sepeda motor diklaim lebih efisien (irit) dalam penggunaan bahan bakar dibandingkan dengan sistem karburator. Hal ini dikarenakan bahan bakar dialirkan ke dalam mesin melalui pompa (injektor) yang bertekanan sehingga bahan bakar yang masuk ke dalam ruang bakar telah tercampur dengan udara dengan baik dan menghasilkan campuran yang lebih homogen.

Honda telah mencanangkan bahwa pada tahun 2013 seluruh armada sepeda motornya akan sudah menggunakan sistem injeksi, yang lebih efisien dan ramah lingkungan. Pabrikan lain mungkin juga akan segera menyusul. Dengan demikian secara keseluruhan akan bisa dicapai penghematan penggunaan bahan bakar dalam jumlah yang signifikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar